10 Cara Membuat Proposal Kerjasama

Kali ini akan saya jabarkan 10 cara membuat proposal kerjasama yang baik dan benar. Barangkali sebagian dari kita belum tahu langkah atau tata cara membuat sebuah proposal sesuai dengan penulisan yang sistematis dan terarah. Sebuah proposal tidak hanya menginformasikan sebuah program yang tertuang dalam teks saja, melainkan haruslah di penuhi unsur dan aspek yang akan membuat sebuah rancangan program tertulis dengan baik.

Membuat sebuah proposal adakalanya biasa-biasa saja. Tentunnya jika sebuah rancangan tersebut hanya sebatas kegiatan biasa. Sebagian orang merancang program kegiatan hanya di tulis seadanya saja. Mungkin pikir mereka sebuah tulisan proposal tersebut hanya sebagai formalitas belaka. Misalnya saja proposal kegiatan yang akan menggalang dana di lingkungan tempat tinggal nya saja dengan lingkup yang kecil dan sederhana.

Namun bagaimana jika nanti nya proposal tersebut akan diberikan kepada pihak yang memang akan lebih mempertimbangkan isi sebuah rancangan tersebut. Bisnis plan dan segmentasi pasar yang akan membuat nantinya aliran dana mengalir ke anda. Ini sungguh penting, mengingat sebuah rancangan ide, atau gagasan tersebut adalah ujung tombak yang akan menentukan nasib bisnis atau usaha yang anda jalankan.

10 Cara Membuat Proposal Kerjasama yang baik dan benar

10 Cara Membuat Proposal Kerjasama yang Baik dan Benar

Penulisan Sesuai EYD

Cara membuat proposal kerjasama yang baik dan benar pada bagian pertama tentunya penulisan haruslah sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD). Setiap proposal wajib akan hal ini, mengingat penulisan gagasan tersebut adalah resmi dan baku.

Pemilihan Diksi

Pemilihan kosa kata atau diksi harus mengacu pada yang resmi. Pilihlah kata-kata yang memang sesuai dengan tema proposal yang akan di ajukan, sehingga akan akan lebih pas. Mengapa pemilihan diksi ini penting? Jelas penting karena dengan pemakaian kata-kata yang produktif, menjual, optimis, sebuah proposal akan terlihat baik dan membuat pihak lain lebih percaya bahwa ajuan anda memang patut dipertimbangkan.

Ejaan

Semua unsur dari sebuah proposal harus teliti dan seksama. Ejaan kata, penulisan ataupun kesalahan ejaan mutlak harus dihindarkan. Kesalahaan ejaan akan menimbulkan ambigu makna. Bisa saja akibat kesalahan ejaan maknanya akan berubah.

Baca : Jasa Proposal Event & Sphonsorship

Latar Belakang Masalah

Buatlah latar belakang masalah atau pendahuluan. Dalam pendahuluan janganlah betele-tele. Pilihlah satu paragraf sebagai prolog dan ulasan umum. Pada paragraf selanjutnya mulailah dengan pokok permasalahan mengapa sebuah ajuan ini harus dilakukan. Hindari copy paste dalam penulisan ini.

Sistematis

Cara membuat proposal kerjasama yang lainnya adalah sistematis. Buat satu tuntutan rancangan program dengan sistematis dan terarah. Mulai dari pendahuluan, inti, dan penutup.

Data dan Grafik

Merancang proposal kerjasama dengan pihak lain sebaiknya dimunculkan data maupun grafik. Ini menjadi penting mengingat sebuah bisnis memerlukan data sebagai basisnya. Dari data akan menunjukkan rasa optimis bahwa kerjasama bisnis ini bisa berlangsung dalam tempo waktu yang lama dan menjanjikan. Untuk itu, data yang proporsional dan tidak berlebihan akan membuat sebuah proposal kerjasama semakin baik.

Aspek Keuangan

Aspek keuangan akan menjadi penting jika sebuah proposal bisnis kerjasama. Ini biasanya inti dari sebuah proposal bisnis. Buatlah sesuai dengan arus keuangan yang ada dalam perusahaan anda. Jika memang harus menyertakan asumsi tahun mendatang, buatlah sesuai dengan prediksi yang sesuai. Mulailah dengan mengintegrasikan dari tahun-tahun sebelumnya.

Design Kreatif

Buatlah design yang menarik dan kreatif serta jangan berlebihan. Cara membuat proposal kerjasama yang baik dengan design yang unik ini biasanya akan cukup efektif. Jangan memilih design yang berlebihan dengan muatan gambar yang terlalu banyak. Cukup tonjolkan sisi-sisi keunggulan bisnis anda dari foto yang bagus.

Pilihan Warna

Cara membuat proposal kerjasama yang baik dan benar lainnya yaitu pemilihan warna. Cover dan isi sebuah gagasan yang di tulis ini haruslah dipilih warna yang lembut dan tidak terlalu mencolok. Pilih sebagian warna dari logo perusahaan anda. Sesuaikan dengan desain dan layout nya.

Lampiran

Jika diperlukan sertakan lampiran portfolio tentang bisnis yang sedang anda jalankan. Lampiran ini penting untuk lebih trust bahwa bisnis yang anda jalankan memang benar-benar real dan potensial.

Itulah 10 Cara Membuat Proposal Kerjasama yang Baik dan Benar. Semoga bermanfaat

Baca Juga : Jasa pembuatan proposal bisnis murah

Jasa Pembuatan Proposal Kerjasama Bisnis

10 Cara Membuat Proposal Kerjasama yang Baik dan Benar

Telepon : 0878-8637-6249

Email : jasaproposalbisnis [at] gmail.com

Website : jasaproposalbisnis.com

jasa proposal

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*
*