Cara Meyakinkan Investor, Lakukan 5 Hal ini

Cara Meyakinkan Investor, Lakukan 5 Hal ini

Cara Meyakinkan Investor – Bagaimana cara menarik investor kepincut dengan ide bisnis kita? Mungkin hal itu yang sedang anda pikirkan saat ini. Tentunya membuat kesepakatan dengan pihak penyandang dana bukanlah hal mudah. Ada kriteria-kriteria yang harus dimiliki oleh perusahaan agar investor dapat menanamkan modalnya dan berpihak pada bisnis kita. Cara menjalin kerjasama yang baik serta ada upaya untuk dapat menarik pemilik modal sebenarnya langkah penting yang harus anda ketahui.

Maka dari itu ada beberapa langkah taktis yang mustinya dilakukan sebelum bertemu atau menawarkan investasinya kepada pemodal tersebut. Upaya dan langkah inilah yang seharusnya disusun rapih dan teratur agar sang investor mau menanamkan modalnya di perusahaan yang sedang kita kembangkan.

Pada artikel ini akan mengulas 5 hal yang perlu di cermati atau bagaimana cara meyakinkan investor mengenai ide dari bisnis yang akan kita kembangkan. Apa saja itu, simak terus sampai akhir.

Baca Juga :

Cara Meyakinkan Investor, Lakukan 5 Hal ini

Konsep Usaha

Konsep atau rancangan bisnis yang jelas dan potensial mendatangkan laba tentu menjadi poin utama. Konsep haruslah berorientasi pada kebutuhan pasar dan margin yang jelas. Rancangan usaha harus dapat menjangkau pada segmen pasar yang luas dan mampu bertahan pada jangkan waktu yang cukup lama.

Ingat bahwa konsep akan terancang dengan alur pijakan pemikiran yang benar. Rancangan bisnis dibuat dengan mencermati seluruh elemen sampai dengan detail nya.

Market

Bisnis yang jelas biasanya akan mempunyai pasar yang jelas pula. Jika pasar yang anda bidik sudah jelas dan itu merupakan sebuah kebutuhan dalam jangka panjang, maka tak usah ragu untuk ditarget. Kejelasan pasar biasanya akan menjadi pertimbangan investor dalam menanamkan modalnya.

Apalagi jika memang segmentasi market yang tertuju sangatlah tertarget dan luas, maka poin ini dapat menjadi nilai plus dalam presentasi usaha anda ke investor.

Laporan Keuangan Berjalan

Jika memang usaha anda sedang berjalan dan bukan merupakan ide semata, maka hal ini jauh lebih baik. Karena biasanya investor akan cenderung menanamkan modalnya pada jenis usaha yang sudah berjalan. Oleh karenanya lakukan pemaparan dengan menyuguhkan bukti laporan keuangan berjalan yang baik dan stabil.

Tunjukan neraca keuangan ataupun cash flow bisnis anda secara real dan nyata. Dengan demikian pemodal akan lebih mendapati hasil nyata sebelum menentukan investasinya.

Inovasi

Salah satu cara meyakinkan investor yaitu dengan memaparkan data-data konkrit bahwa usaha anda akan dapat berjalan dengan stabil dalam waktu yang panjang. Maka dari itu penyertaan modal investor akan menjadi sebuah inovasi dan pengembangan baru bagi bisnis yang sedang dikembangkan.

Konsep inovasi inilah yang akan menjadi keunikan tersendiri dari para kompetitor. Usahakan keunikan ini menjadi sebuah solusi kebutuhan pasar yang nantinya akan membuat sebuah bisnis berjalan dengan stabil.

Presentasi

Presentasikan semua bisnis yang anda kembangkan dengan prosposal yang baik dan benar. Proposal bisnis yang baik tentu akan mengikuti kaidah pembuatan sebuah proposal. Bayangkan saja jika uang investasi yang akan ditanamkan investor milyaran rupiah bahkan trilyunan, seharusnya proposal untuk investor dirancang dengan baik dan bagus.

Tidak semata design proposalnya saja yang bagus, tetapi isi dan materinya juga harus sesuai dengan kebutuhan para pemodal. Ingat, proposal merupakan pintu masuk ke pemodal. Jadi semakin menarik sebuah presentasi proposal, maka akan ada peluang potensi goal di depan investor.

Hubungi Kami untuk jasa pembuatan proposal bisnis yang anda butuhkan.

Write a Comment

Tanya via WA
Tanya Langsung Via WA
Hallo...Bisa dibantu, Langsung chat aja di sini