Istilah-istilah Keuangan Bisnis Secara Umum Yang Harus Anda Tahu

Istilah-istilah Keuangan Bisnis Secara Umum Yang Harus Anda Tahu

Istilah-istilah Keuangan Bisnis – Ada beberapa masalah yang ada bagi para pebisnis yang luput, salah satunya yaitu pemahaman mengenai transaksi keuangan. Maka tak jarang yang berakibat tidak terarahnya pengeluaran keuangan, tidak paham akuntansi, maupun tidak tahu bagaimana memproyeksi keuntungan.

Maka tak ada salahnya jika anda mulai saat ini belajar mengenai manajemen keuangan dari mengetahui terlebih dahulu beberapa istilah-istilah keuangan bisnis secara umum. Hal ini mungkin saja bermanfaat dan dapat mencegah masalah yang akan timbul dari sisi finansialnya.

Lainnya :

Lalu apa saja beberapa istilah itu, silakan simak ulasannya sebagai berikut :

Istilah-istilah Keuangan Bisnis Secara Umum Yang Harus Anda Tahu

Akuntansi

Accrual Accounting (Akuntansi Akrual) merupakan perhitungan sebuah pengeluaran dan pendapatan pada saat terjadi (bukan saat dibayar). Biasanya jenis akuntasi ini pada produk-produk dengan sistem kredit.

Cash Accounting (Akuntansi Tunai) merupakan sebuah pencatatan yang ditulis saat ada pembayaran (tunai, cash, cek). Atau pencatatan pengeluaran ditulis saat dibayarkan.

Jurnal Umum (General Ledger)

Jurnal ini biasa juga disebut dengan buku besar. Di sini terdapat catatan saldo akun per periode secara kronologis. Sehingga akan terlihat gambaran besar keuangan secara umum berupa saldo, kredit, maupun debit.

Pendapatan (Income)

Pendapatan merupakan semua yang dibayarkan pihak lain kepada bisnis anda. Hal ini bisa didapat dari penjualan produk, layanan, jasa, investasi, dan sebagainya. Hal ini akan berbeda dengan sebuah tagihan yang anda berikan kepada konsumen, karena ini akan masuk ke dalam piutang dagang.

Biaya Penjualan (Cost of Sales)

Cost of sales merupakan sebuah biasaya variabel yang akan naik saat terjadi peningkatan penjualan. Hal ini dapat terlihat misalnya saja ketika bahan baku dan tenaga kerja dalam suatu produk akan dihitung dalam biaya penjualan.

Margin

Gross Profit Margin (Margin Laba Kotor) merupakan laba yang biasanya belum dipotong biaya-biaya lainnya seperti biaya pemasaran, transportasi, dan sebagainya.

Net Profit Margin (Margin Laba Bersih) merupakan laba yang sudah dikurangi biaya-biaya lainnya seperti tenaga kerja, iklan, transportasi, dan sebagainya.

Aktiva (Assets)

Asset merupakan sesuatu apapun yang dimiliki sebuah perusahaan yang bernilai.

Aktiva Tetap (Fixed Assets) aset tetap yang dimiliki perusahaan dengan penggunaan panjang dan berulang tanpa adanya maksud untuk dijual. Contoh gedung, kantor, dan sebagainya.

Aktiva Lancar (Current Assets) merupakan sebuah aset yang dapat dikonversi menjadi uang. Contohnya produk, akun, stok, dan sebagainya.

Itulah beberapa istilah-istilah keuangan bisnis secara umum yang mungkin harus anda tahu. Semoga bermanfaat.

by. KAFA KreatifJasa Proposal Bisnis

Write a Comment

Tanya via WA
Tanya Langsung Via WA
Hallo...Bisa dibantu, Langsung chat aja di sini